Desain – Perbedaan Mendasar Antara Web dan Desain Cetak

Web desain cetak dan berbagi beberapa kesamaan terutama dalam prinsip-prinsip seperti warna hirarki tipografi visual dan keseimbangan. Namun kedua media juga mengandung fundamental yang membuat mereka sangat berbeda satu sama lain.

Berikut ini daftar perbedaan utama antara dua media dan hal yang perlu dipertimbangkan ketika bergerak dari satu ke yang lain.

Selisih Ukuran
Sebuah layout cetak ukuran tetap yang akan bekerja dengan baik untuk siapa saja yang memandangnya. Sebuah tata letak web harus memperhitungkan tinggi dan lebar dari halaman sebagai pengguna melihatnya karena bisa ada perbedaan besar dalam apa yang terlihat tergantung pada perangkat. Halaman dapat lebar cairan atau tetap untuk menanggapi konteks pengguna.

Selisih Tipografi
Dalam cetak hampir semua pilihan font akan bekerja karena merupakan media statis. Di web desainer harus memperhatikan font yang tersedia untuk sebagian besar pengguna. Font yang berbeda dapat memiliki efek pada bagaimana teks akan mengalir. Hal ini terutama penting dalam konten yang memerlukan istirahat atau secara vertikal dibatasi.

Perbedaan Konten
Sebuah desain cetak akhir pada saat diterbitkan. Sebuah desain web selalu berubah dan harus mampu mengimbangi untuk konten yang dapat ditambahkan atau dikurangkan. Hal ini dapat menjadi rintangan paling sulit antara kedua media.

Perbedaan Browser
Ada banyak browser di web hari ini dan tidak ada kesesuaian dalam bagaimana salah satu dari mereka menampilkan halaman web. Pendekatan terbaik untuk masalah ini adalah dengan menggunakan desain bersih fleksibel yang dikodekan serta mungkin kemampuan setiap tampilan browser.

Perbedaan Interaction
Media cetak memiliki fokus pada konsep dan komunikasi. Sementara ini membawa ke web juga desainer harus diingat bahwa halaman web adalah sebuah pengalaman interaktif serta visual. Psikologi pengguna harus dipertimbangkan terutama ketika menempatkan konten dan fitur interaktif untuk mencapai hasil terbaik.

Seorang desainer web yang sukses akan unggul pada prinsip-prinsip desain grafis keterbatasan media dan bagaimana membuat situs melibatkan pengguna melalui interaktivitas.

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s